Rabu, 04 Maret 2015

 Tokoh-Tokoh Islam Yang Masa Kecilnya Yatim
Imam Al-Ghazali, Imam Ibnul-Jauzi, Imam Ahmad bin Hambal, Imam Al-Bukhari, Imam Asy-Syafi'i...adalah diantara contoh manusia yang waktu kecilnya merupakan anak-anak yatim namun mampu menorehkan sejarah agung dalam kehidupan umat manusia. Jangan pandang sebelah mata terhadap anak-anak yatim, mereka juga punya potensi menorehkan namanya dengan tinta emas dalam lembaran sejarah peradaban manusia, tugas kita membantu mereka menempuh jalan kehidupan menuju takdir selanjutnya dari Allah SWT. 

Pahala Memelihara Anak Yatim
Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: "Barangsiapa yang mengasuh tiga anak yatim, dia bagaikan bangun pada malam hari dan puasa pada siang harinya, dan bagaikan orang yang keluar setiap pagi dan sore menghunus pedangnya untuk berjihad fisabilillah. Dan, kelak di surga bersamaku bagaikan saudara, sebagaimana kedua jari ini, yaitu jari telunjuk dan jari tengah." (HR Ibnu Majah) 

Keutamaan Memelihara Anak Yatim
Banyak sekali keutamaan yang terkandung dari bersedekah atau meyantuni anak-anak yatim dan fakir miskin, keutamaan tersebut dapat dirasakan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Dan Allah pasti akan membalas kebaikan makhluknya dengan kebaikan pula. Bahkan di dalam Al Qur'an, Allah akan melipatgandakan ganjaran para ahli sedekah. Allah juga akan memberi naungan bagi ahli sedekah, dan akan memasukkan mereka ke dalam surga-Nya. 

Kedudukan anak-anak yatim dan para fakir miskin sering sekali disebut-sebut secara bersamaan di dalam Al-Qur'an maupun di dalam hadits Rasulullah. Kedua golongan tersebut tidak boleh kita sepelekan begitu saja, sayangi dan kasihilah mereka layaknya saudara kita sendiri. Jangan merasa enggan atau berat untuk mendermakan/menyedekahkan sebagian harta kita untuk mereka.

Subhanallaah...semoga kebaikan senantiasa diperoleh para Pengurus LPYPD Al-Ikhlas, atas kecintaan, pengorbanan dan keikhlasan yang luar biasa untuk anak-anak yatim. Semoga kita bisa mencontoh mereka dalam mencintai anak yatim. Aamiin.

Tidak ada komentar: